Thursday, February 2

Let gone be by gone

Hari ini gue telat ngantor gara2 kereta gak jalan dari Depok ke Jakarta. Ada penumpang yang jatuh katanya. Walah... Alhasil gue langsung telepon bos gue dan laporan kalo gue gak bisa meeting ama dia. Tapi ada yang aneh dari suara dia pagi ini. Biasanya dia riang gembira, tapi pagi ini suaranya bernada rendah. Ternyata ada temen kita di AusAID yang meninggal...

Walhasil dari rumah gue gak ke kantor, tapi langsung ke rumah duka di kawasan Tebet. Belum banyak yang dateng ke sana, cuma beberapa temen dari Embassy yang duah duluan nyampe lagi ngeronce bunga..

Sedih ngelihat temen sendiri meninggal. Mbak Elia Hartati. Dia orang pertama di Ausaid yang gue temuin. Yang bukain pintu di Embassy dan nganterin gue ke ruangan interview (pintu di dalem Embassy emang seberat2 gajah. beneran.). Baru dua hari yang lalu bos gue jenguk dia di RSPI akibat kanker rahim (gosh...). Kemarin kita baru bahas sakitnya Mbak Elia. "She is very sick", katanya. Kemarin Umi, temen di kantor, juga ngingetin gue untuk jenguk temen yang sakit sebelum menyesal nantinya. Huks, begitu denger berita duka ini gue langsung terbayang2 kata2 Umi, soalnya gue gak sempet jenguk dia..

Kali ini gue sempetin lihat jenazahnya, ikut nyiram jenazahnya, dan lihat dia dipakein kain kafan. Gue emang selalu sedih kalo ada yang meninggal, dan sebisa mungkin pengen ada di sana. Pengen ikut berbagi kesedihan.

Selain itu alasan gue selalu pengen dateng kalo ada yang meninggal sebenarnya lebih ke personal reason sih. Jujur aja, waktu bokap meninggal, gue gak sempet lihat dia dimandiin atau dibungkus kain kafan. Begitu juga waktu ompung dan kakek meninggal. Makanya sekarang tiap ada yang meninggal sebisa mungkin gue hadir dan melihat jenazah untuk terakhir kalinya. Supaya bisa mengenang wajahnya terakhir kali, mengingat interaksi kita sama dia, dan ya itu tadi.. berbagi kesedihan..

Ah sedihnya... jadi inget mati.. Bukankah itu makna dari kematian bagi kita yang masih hidup? Untuk mengingat bahwa kematian ada di depan mata kita, ada di mana2, dan bisa datang kapan aja. It's for us to give meaning to life. To give the best to others without waiting for the right time. Cause now is the right time.

Innalilahi wa innailaihi raji'un. Let gone be by gone, may we gain strength after all the great loss.