Wednesday, September 6

Sepeda



I do envy Sasha. She can ride a bike very well now (bisa lepas tangan gitu??)
Oh gosh, I really have to learn how to ride a bike here! Bukannya gue gak bisa sih, tapi gak lancar aja.. Dulu waktu jaman SD gue pernah trauma pas belajar sepeda - nyemplung di got :( - walhasil, setelah itu gue agak2 takut naik sepeda. Emang sih lama2 bisa naik sepeda, tapi tetep aja rada2 nervous, apalagi kalo ada kendaraan lain dari arah seberang. Deg-degan banget.. Sempet juga sih waktu SMA gue punya sepeda, tapi gue gak terlalu sering pake kendaraan itu, soalnya ya itu tadi, agak nervous. Waktu di Bandung, sepeda yang sama gue boyong juga dengan alasan mau dipake sama sepupu gue. Tapi ternyata nggak juga tuh, karena rumah kita di Bandung deket jalan besar dan agak susah buat berkendara sepeda. Banyak banget mobil, angkot, dan bis yang lewat dengan kecepatan tinggi.

Trauma masa kecil waktu belajar naik sepeda bikin gue mengkerut untuk belajar naik motor. Apalagi kayaknya bobot motor lebih besar dari sepeda, so it is more difficult to manage (bener gak sih?). Walhasil gue gak pernah tertarik belajar naik motor, cukup jadi pelanggan setia ojek aja.

Nah, kayaknya di Lund (dan mungkin di Sweden atau di Eropa?) sepeda adalah kendaraan vital (kalau di Jakarta belakangan ini mungkin motor kali ya?). Selain murah, sepeda juga bikin hidup lebih mudah, begitu kata Manny, temen gue di koridor. Banyak sekali penduduk di sini yang berkendara sepeda dengan alasan lebih irit dibanding naik bis. Memang iya sih, kalau kita beli sepeda bekas, lewat lelang atau lewat tangan ke dua (well, bisa jadi tangan ke 3, 4, 5, atau malah 100?), harga sepeda berkisar SEK 650 sampai SEK 1000, atau sekitar Rp. 780,000 sampai Rp. 1,200,000 (SEK 1 = Rp. 1,200). Kalau sepeda baru ya lebih dari itu harganya. Sementara kalau naik bis, satu kali naik itu SEK 12. Tiket yang sama bisa kita keep sampe satu jam ke depan, jadi kalau mau ganti bis dalam waktu satu jam, kita bisa gratis. Ada juga kartu langganan bulanan bis dalam kota Lund seharga SEK 340 yang bisa kita pake sepuas kita selama menumpang bis di dalam kota. Atau pilihan lain adalah kartu isi ulang untuk naik bis atau kartu diskon (Rabattkort) seharga SEK 200 yang valid seumur hidup. Dengan kartu ini kita bisa dapet diskon tiap naik bis, dari SEK 12 jadi SEK 9.6.

Nah alternatif transportasi di Lund sebenarnya banyak, tapi yang paling murah tetep sepeda. Memang awalnya gue belum tertarik beli sepeda. Selain gak lancar mengendarai sepeda, jalanan juga licin karena hujan, dan akan lebih bahaya lagi kalau udah winter, karena jalanan tertutup salju. Apalagi sampai sekarang gue belum tau jalan2 di Lund, selain dari rumah (Vildanden) - kampus (Solvegatan) - central - rumah Dwi (Kamnarsvagen). Tapi pagi ini gue mulai tergoda untuk beli sepeda juga. Selain sepeda nge-tren banget di kota ini (baru satu biji motor yang gue liat selama di sini, itu juga baru sore ini!), dia juga emang bikin hidup lebih mudah dan murah. Punya sepeda pribadi sama aja kayak punya mobil pribadi - bedanya adalah kalau sepeda parkirnya gratis, hehehe. Kita bisa lebih mobile juga. Selain itu memang sepeda bikin kita bisa saving banyak untuk transportasi. Memang pengeluaran untuk beli sepeda lumayan gede, tapi itu cukup sekali aja, selanjutnya kita bisa keliling kota gratis sepuasnya. Coba bandingin dengan harga tiket diskon bis, sepuluh hari di sini aja gue udah spend SEK 400 untuk bis, mengingat gue emang mobile terus dan juga males jalan kaki. Mungkin dalam waktu sebulan gue bisa ngabisin SEK 600 kalo gak terus2an naik bis, dan dengan jumlah yang sama gue udah bisa beli sepeda :(
Dari sisi investasi, sepeda juga jadi investasi yang bagus buat mahasiswa, karena kita bisa jual lagi kalau pas mau pulang nanti. Malahan bisa jadi kita untung waktu menjualnya, atau paling nggak balik modal lah mengingat demand sepeda di Lund ini tinggi banget.

***
Now seriously, I am thinking of getting a bike for the sake of efficiency. Gue harus segera melupakan sepeda-phobia gue, dan belajar menghemat. Bukan karena pelit atau tergantung sama jatah beasiswa sih. Tapi karena gue pengen jalan2 ke Paris.. Hehehehe..