Tuesday, April 22

Are you using up all your energy to make other people happy?

Ini dia daily horoskop saya hari ini:

"Are you using up all of your energy trying to make other people happy? Not only is this a bad idea, it's an attitude that will only leave you unhappy -- which is unacceptable. Today, reserve your energy for your own issues, and don't worry that someone will think you're selfish. There is nothing wrong with putting yourself first once in a while. Your life is your journey, and if you're never taking care to make it enjoyable, then you are doing it wrong"
(http://www.friendster.com/horoscope.php?hid=Cancer)

Rrggh.. agak bingung juga apa semua yang saya lakukan belakangan ini adalah untuk orang lain atau untuk diri sendiri???

Anyway, kali ini saya nggak mau sibuk dengan kehidupan pribadi, tapi mau sedikit explore tentang 'using up all of your energy to make others happy' berkaitan dengan tesis saya.

Belakangan ini saya merasa menjalani hari-hari yang sangat berat karena tesis. Hampir dua bulan saya struggle dengan teori-teori sosial dan bagaimana menghubungkannya dengan topik penelitian saya. Saya memang lamban dan agak-agak gak nyambung dalam memahami teori-teori itu. Untung saja ada sang supervisor yang selalu mengarahkan saya.

Hari ini saya baru selesai bimbingan. Bimbingan di jurusan saya agak unik karena dilakukan secara berkelompok dan kita dipasangkan dengan satu orang lain untuk saling me-review. Sang supervisor akan roaming ke tiap pasangan, dan di akhir session akan ada pembahasan tentang general issue yang sedang kita hadapi. Jika masih butuh diskusi detil, kita bisa minta individual session dengan sang supervisor.

Jadi, tadi saya minta waktu untuk bicara secara individual. Saya minta pendapat supervisor saya tentang rencana analisa yang akan saya buat, dan apakah saya cukup masuk akal dalam meng-apply teori yang saya acu. Memang ada progress dalam tulisan saya, tapi dia kerap kali berkata 'jangan menggunakan teori yang tidak sesuai dengan kasusmu haya karena orang lain menganjurkannya demikian'. Aduh, saya tahu, pasti saya salah mengartikan teori yang saya baca, atau saya belum begitu menguasainya. Saya sedih. Saya agak down mendengarnya karena saya menunda mengerjakan banyak hal demi mempelajari teori-teori itu dan ternyata it did not work nicely. Intinya, seperti kata James Ingram: "I did my best.. but I guess my best wasn't good enough..." S.A.P.I (my way of cursing, red.)

Anyway, mungkin ini nggak ada hubungannya dengan horoskop saya hari ini. Besides, only silly people would relate their life to daily horoscope constantly. Tapi kalimat pertama 'are you using up too much energy to make other people happy...' agak menggelitik. Yes, I used too much energy for something lately, but definitely it was not to make other people happy. Saya hanya mencoba memahami apa yang sang supervisor bilang dan ternyata.. saya salah. I guess was just too stupid by dipping myself into theory too far that I could let myself drawning.

Anyway... time to take a break and refine my work style, I guess. Seperti yang banyak orang bilang: "Dont work hard. Work smart".

Ibu supervisor... I will let you know that I understand what I'm writing. Let's see.