Tuesday, March 18

Snow for my mom






Here is today's swedish spring. Bunga-bunga sudah bermunculan tapi salju masih turun. Belakangan memang cuaca selalu gloomy, seperti biasanya cuaca di sini, tapi sudah ketahuan musim semi datang. Matahari muncul lebih lama seminggu ini dan setiap weekend rasanya suhu udara mulai menghangat. Mungkin sekitar 10 derajat. Saya kira temperatur tidak akan drop lagi. Ternyata.. saya salah

Tadi pagi saya pikir salju hanya sebentar, mungkin hanya satu jam. Tapi lagi-lagi saya salah. Sudah sehari penuh salju turun dengan konstan, bahkan sampai sekarang. Temperatur diluar hanya 1 derajat, tidak seberapa dingin dibanding daerah utara Swedia atau negara Nordic lainnya. Tapi buat saya yang katanya 'gadis tropis', tentu saja saya kedinginan. Belum lagi angin yang kencang yang menjadi notabene cuaca di Lund. Rasanya salju ini lebih dingin dari temperatur yang sebenarnya..

Tadi siang saya berjalan kaki ke kampus, demi menyeami salju. Perasaan saya tentu saja campur aduk antara senang dan gamang. Senang karena bisa mengalami swedish winter lagi, tapi di saat yang sama saya bertanya pada diri sendiri, mungkinkah ini swedish winter terakhir buat saya? Ah mudah-mudahan bukan. Pikiran saya melayang ke ibu saya yang beberapa bulan lalu berniat ingin berkunjung kemari untuk melihat salju. Tapi waktu itu saya larang karena saya tahu ibu saya tidak tahan dingin dan beliau pasti tidak bisa menikmati kota dan jalan-jalan... Lagipula, winter di Lund pas bulan Februari rasanya sudah tidak akan bersalju lagi. Jadi, ibu saya pasti hanya bisa menikmati dinginnya Swedia tanpa melihat salju..

Ternyata saya salah lagi. Sudah sebulan lebih saya di sini, sudah dua kali turun salju tebal. Dua kali juga saya menyesal karena melarang ibu saya ke sini. Rasanya saya mau mengirimkan tiket segera buatnya supaya bisa kemari mumpung salju masih ada. Rasanya saya ingin menarik kata2 saya kembali dan mendukung rencananya buat ke sini. Saya ingin mewujudkan keinginannya.

Akhirnya saya cuma bisa berjalan di bawah salju sepulang dari kampus dan mengambil gambar sebanyak-banyaknya untuk dikirim ke Jakarta. Saya tahu ketika ibu saya melihat foto-foto itu dia pasti tetap ingin melihat langsung dan memegang saljunya. Saya tahu dia pasti akan sedih dan menyayangkan rencananya yang gagal terwujud.

I'm sorry mom, thought you might not be able to go out in this cold weather. Thought snow is not gonna come again after January. Thought Lund does not have thick enough snow to enjoy and see. Sorry Mom.

Hope we can make it again sometime. Sometime when you don't have to spend big money to visit me. Sometime when I can afford to fly you here. Sometime when you can see me having a new life and be happy about it.

Let's cross our fingers.