Saturday, September 1

A little bit of Something from Hanoi






Udah nyampe di Hanoi, Vietnam. Hari ke-3 sampe di sini, dan baru aja move in ke rumah yang kita sewa. Sebelumnya gue stay di Hanoi Backpackers Hostel, karena emang belom dapet rumah. Gara-gara belom dapet rumah ini juga, gue jadi sutress dan gak semangat berangkat. Belom lagi berbagai paranoia yang gue pikirkan dengan terlalu.

Sekarang ini gue lagi di warnet bareng temen-temen serumah. Semuanya temen kampus yang sama2 fieldwork di Hanoi. Ada temen sekelompok gue, Sarah dari US. Ada Raph (Aussie), Sofia (Greece), sama Dave (Iceland). Tapi Dave sekarang lagi cukur rambut sekalian beli furniture (lah? gak nyambung?!). Warnetnya ada di deket rumah, kita jalan beberapa meter aja, dan di dalamnya ada banyak anak2 muda pada main game. Persis kayak warnet di Jakarta sih, tepatnya warnet yang di perumahan sederhana. Gak ada AC, cuma ada kipas angin. Hihihi. Mereka pada heran ada 3 bule dan satu perempuan Aisa yang sok bule (karena pake bahasa Inggris juga). Waktu penjaganya tanya gue bilang dari Indonesia, dia keliatan kecewa. Hahaha..

Rumah kita bagus, ada 4 lantai. Rumahnya tinggi tapi sempit, gak lebar ke samping. Persis kayak ruko-ruko gitu deh. Tapi ini rumahnya masih gres, jadi kita yang merawanin. Harganya juga friendly buat mahasiswa yang uangnya pas-pasan kayak kita gini. Gaya rumahnya minimalis, jadi cocoklah dengan selera kita. Lantai pertama (lantai dasar) dapur dan ruang tamu. lantai 2 kamarnya Sofia (plus kamar mandi di dalem) dan common room. Lantai 3 kamar gue dan Sarah, plus satu kamar mandi sharing. Lantai 4 kamarnya dave dan Raph, plus ruangan cuci berikut mesinnya. Di lantai dasar juga ada kamar mandi tamu. Diluarnya ada garasi. Asik banget. Di rumah juga belom ada furniture. Cuma peralatan masak standar plus matras darurat yang sebelumnya dipake sama yang jaga rumah. AC juga gak ada, cuma ada di kamar Sofia, tapi kayaknya belom nyala. Tapi kita disedian fan 6 biji buat masing masing ruangan. Lumayan.. hehehe

Gue barusan ngepel kamar. Kuotooorrr banget. Kamarnya lumayan gede. Beloma da apa-apa cuma satu kipas angin plus lampu baca, dan satu lemari yang nempel di dinding. Tapi kamarnya gede dan bisa menampung cukup keluarga, teman2 atau 'significant others' yang berkunjung. Hehehe..Abis beberes dan unpack, gue ngantuk berat, lagian semalem gue juga gak bisa tidur (sisa stress masih ada, hehe),terpaksalah gue tidur beralaskan guling yang gue bawa dari Jakarta (yes, I did bring a brand new guling with me...).

Sekarang tentang Hanoi. Ternyata cuaca di sini gerah banget... Mungkin kayak Jakarta yang lengket dan bikin keringet. Tapi koq gue merasa lebih lengket di sini ya? Kata Dave yang sempet ngecek di internet, temperatur Hanoi sekita 33 celcius, but feels like 37. hahaha. Pantesan...

Kota Hanoi juga ternyata jadul. Hihihi. Sorry ya buat yang seneng sama kota ini. Gue yang selalu mendengar cerita tentang pertumbuhan ekonomi Vietnam yang pesat, selalu membayangkan Vietnam (baca Hanoi) sebagai kota yang metropolitan. Nggak usah kayak Jakarta, at least kayak Jogja lah. Tapi ternayta nggak loh. Mungkin lebih deket kayak Phnom Penh, Cambodia. Atau kalau di Indonesia.. mungkin kayak Sukabumi atau Cirebon yah? Sepanjang ini gue belom nemu mall yang hip kayak Taman Anggrek, PIM, atau at least kayak Blok M Plaza. Paling top yang gue temuin adalah satu tempat perbelanjaan yang mirip tanah abang tapi jauh lebih kecil. Mungkin gue belom banyak explore lagi. Tai ada juga hotel-hotel berbintang kayak Sofitel, Somerset, Hanoi Daewoo, Sheraton, dan sederetan kedutaan yang bangunannya lumayan modern dan besar. Di daerah kedutaan, rasanya mirip-mirip daerah Hang Lekir atau Teuku Umar di Jakarta.

Kendaraan umum di jalan yang paling banyak adalah motor dan taksi. Bis gak terlalu banyak di sini walaupun ada. Ojek kayaknya populer di sini karena sejak pertama nyampe, sang driver yang jemput gue di bandara menyarankan untuk nyewa motor kalo gue stay di Hanoi selama 4 bulan. Gue langsung menolak mentah-mentah. tau sendiri kan dengan kemampuan gue naik sepeda di Lund? Apalagi naik motor... Selain itu, di sini lalu lintas ajaib banget. Kayaknya motor dan mobil pada gak punya rem dan gak mau saling ngalah. Apalagi motor yang liar begitu. Gue yang terbiasa dengan motor atau ojek yang merajai Jakarta aja masih serem. Masalahnya mereka kenceng2 buanget, sementara di Jakarta motor2 itu pada pelan, karena macet.. Hehehe..

Apalagi ya? Makanan? gak masalah sih buat gue. Di sini banyak banget makanan pinggir jalan yang jual nasi rames atau pho (noodle soup). Makanan pinggir jalan atau bir (Hoa Bia nama local bir nya) tempatnya lucu2. Tempat makannya terdiri dari kursi kecil yang mirip jongkok buat nyuci, plus meja kecil yang sama pendeknya. Kayanya sih ini gaya makan pinggir jalan Vietnam yang informal. Buat gue, itu beda tipis sama lesehan atau tukang bakso pinggir jalan yang pake kursi plastik kalo kita makan. Hehehe.

Ini gue attach beberapa foto kita di rumah. Gak banyak fotonya Tapi lumayan.
For my loved ones, makasih ya buat supportnya waktu sebelum berangkat. I am doing fine here. Come!