Tuesday, September 18

Tahajjud

Sudah beberapa tahun saya tidak sholat tahajjud. Sudah beberapa tahun pula saya merasa ibadah saya hanya sekedar ritual. Tapi saya tetap berusaha menjalankannya. Entahlah, ada dorongan untuk itu. Saya memang bukan orang yang pandai, yang bisa menjadi bijak dengan memahami Tuhan dan hidup dari segi filosofi. Saya perlu dituntun lewat ritual.

Anyway, tentang tahajjud. Sepertinya terakhir saya melakukannya kira-kira lebih dari sepuluh tahun yang lalu. Saya lupa, apakah ketika ayah saya berpulang, saya melakukannya atau tidak. Sepertinya dari sholat sunnah yang saya lakukan, kebanyakan adalah istikharah atau sholat hajat. Dua sholat ini yang saya ingat, dan saya lakukan ketika sedang bimbang. Tapi tidak pernah saya ingat tentang tahajjud sedikit pun.

Seorang teman saya -di tengah curhat saya tentang kebingungan akan hidup dan jodoh ;) - menyebut shalat ini. Dia tidak menyebut shalat sunnah yang lain. Tiba-tiba saya teringat. Ada sesuatu yang memang saya lupakan. Seperti melihat uang seratus ribu di selipan dompet rasanya. Saya memilikinya, tapi saya benar-benar lupa. Hilang dari kepala dan hati.

Pagi ini saya melakukannya. Saya menemukan ketenangan. Terima kasih saya untuk Ratna *Thanks for listening :)*